Tips Pengiriman Barang ke Gudang Cargo Bandara

Tarif Door To Door Service dari Jakarta ke Balikpapan
May 31, 2009
Tarif Cargo Udara Door to Door ke Balikpapan & Tarakan
October 7, 2009

Tips Pengiriman Barang ke Gudang Cargo Bandara

Periksa ukuran dimensi barang tersebut (panjang lebar dan tinggi).
Rumus volumetrik : Panjang x Tinggi x Lebar dibagi 6000 = Barat volume akan diperhitungkan mana yg lebih besar.
1. Periksa bobot dari barang yg akan anda kirim.
2. Apa komoditi barang yg akan ada kirim sebutkan dengan spesifik.(mis : Spare part,Paket,Garment,Acessories,dll)
3. Berapa pack barang yg akan anda kirim atau lebih dikenal dengan istilah “KOLI”.
4. Jika barang tersebut barang pecah belah (fragile) lebih baik anda membuat peti sendiri karena jika anda membuat peti di cargo area anda akan dikenakan biaya yg lumayan mahal.minimal 100 ribu rupiah perkoli biaya yang hrs anda keluarkan.
5. Barang harus masuk 12 jam sebelum penerbangan yg diinginkan….. Tapi nggak juga sihh jika ada uang lebih yaaaa bisa diatur laahh.
6. Untuk biaya(mis Pengiriman Motor, Pengiriman Ke balikpapan, Pengiriman Ke Manado, Pengiriman Ke Medan atau Pengiriman Ke Kupang atau pengiriman lain ke seluruh indonesia) jangan dikira lebih murah menggunakan cargo bandara ini. Jika dikalkulasi secara keseluruhan uang bensin + tol + pungli sana sini ,cukup mahal juga tapi yg terpenting barang tersebut bisa sampai tujuan dengan cepat (mahal = membeli waktu/waktu adalah uang),tapi kalo salah ketemu calo malah bisa buntung (barang terlambat,dana besar sudah dikeluarkan..mending pake jasa pengiriman aja kali dah terima beres??)

Jika anda berniat untuk mengirimkan sesuatu melalui Perusahaan Pengiriman cargo Garuda,Mandala,Sriwijaya,Lion Air,Batavia berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu.


1. Jika anda membawa kendaraan sendiri siapkan uang parkir sebesar Rp. 4.000. Disini bayar parkir tarifnya cukup mahal 1 jam pertama Rp. 4.000. 
2. Setelah melewati pos pertama  (pos parkir) anda akan bertemu dengan pos kedua di pos kedua ini anda harus membayar pas masuk bandara sebesar Rp. 5000/orang dan Rp. 10.000/mobil. Tips: Di pos kedua ini membawa atau tidak membawa masuk kendaraan, anda tetap akan dikenakan biaya yang sama.
3. Selesai berurusan dengan pos kedua, anda akan menemukan banyak sekali calo. Jika anda tidak ingin direpotkan dengan birokrasi anda bisa menggunakan jasa calo dengan biaya seikhlasnya. Paling mereka menggerutu sedikit kalau bayarannya kurang.
4. Jika anda menggunakan calo, tutorial ini berhenti sampai sini. Jika anda anti terhadap calo atau penasaran ingin melakukan sendiri pengiriman, silakan lanjutkan ke langkah berikutnya klik Pengiriman Barang.
5. Masuk Area Regulated Agent  ( Pintu Masuk X-Ray 1)

 Regulated Agent X-Ray1 (Line 1)

Anda diharuskan  mengisi formulir PTI (pemberitahuan tentang isi), anda dikenakan biaya sebesar Rp. 500,-/kg untuk sekali X-Ray. Pihak RA (regulated agent) akan membawa barang-barang anda menuju gudang airlines dengan mobil khusus.kemudian kita akan menyusul ke gudang airlines menunggu barang kiriman kita dibongkar dari Mobil khusus RA tadi. Siapkan juga recehan 10rb-15rb karena dalam proses bongkar tersebut kita akan diminta kembali oleh para buruh bongkar.
6. Setelah selesai di X-Ray 1 anda harus menimbang barang anda di X-Ray 2 atau X-ray dari airlines ( 2 kali XRay) dan mengambil formulir kedua utk form isian data di SMU.  Setelah ditimbang anda mendapatkan SMU (Surat Muatan Udara) namun belum sah, anda harus membayar biaya resmi dari cargo airline , contoh: tujuan Padang per kilonya Rp 4.550 dikalikan total jumlah barang ,PPN dan biaya Adm SMU dan jangan heran nanti ketika di kasir anda akan di tanya “gimana nihh ngga ada kembaliannya?” pada akhirnya biaya akan dibulatkan (markup) sekali lagi anda harus sediakan uang pas untuk menghindari pembulatan.Sudah selesai..? prosesnya sudah..tapi biasanya disitu adalagi yang namanya porter (kuli),acceptance (bagian penerimaan barang yang bertugas menyiapkan barang anda ke gerobak untuk di loading ke pesawat),cargo liner(petugas cargo yang memonitor barang anda di pesawat),biasanya mereka juga minta diappresiasi juga..(tau kan maksud saya?)itu baru sebagian kecil saja..mudah2an gak lebih..


6 Comments

  1. indra says:

    assalaamu'alaikum,
    informasi menarik.

    Setelah menerima SMU (Surat Muatan Udara), ada juga Surat keterangan "Special Load", "Air Will Bill", "Cargo Manifest".
    Apa fungsi surat-surat tsb ?

    Terima kasih!

    Indra Gunawan.

  2. Aziz says:

    Walaikum salam..Trimakasih..Air way bill sama fungsi dgn SMU..SMU dikeluarkan oleh Airlines domestik,cargo international juga menyebut SMU dgn Airwaybill,atau STT(surat tanda terima).
    Cargomanifest adalah daftar barang yg memuat nomor2 SMU dan keterangan barang dalam penerbangan.
    Surat keterangan special load?? sy baru dengar istilah ini..mungkin semacam surat sakti kali ya?? 🙂

  3. Siiip Pak Azis, Lanjutkan menulis artikel2 yang bermanfaat.

  4. Anonim says:

    OKE JUGA PAK BLOG NYA BANYAK NGEBANTU TEMEN KITE YG MAGU KIRIM SENDIRI

  5. hi..
    Kalo bisa cantumkan juga nomor2 telp kantor jasa-jasa cargo bandaranya gan'

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *