Cuaca Buruk Masih Mengancam Angkutan Natal & Tahun Baru

Adhi Karya Menangi Proyek PLTU Kaltim-Teluk Balikpapan
November 17, 2010
Jasa Cargo dari Jakarta ke Kalimantan Timur
January 9, 2011

Cuaca Buruk Masih Mengancam Angkutan Natal & Tahun Baru

Jakarta, 21/12/2010 (Kominfo–Newsroom) Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan, cuaca buruk masih akan menjadi kendala yang diperkirakan  berpotensi menghambat pelaksanaan angkutan Natal 2010 dan Tahun Baru 2011, terutama untuk transportasi udara dan laut. 
      “Memang yang dihadapi saat ini adalah cuaca buruk, oleh karenanya saya telah mengeluarkan instruksi, kalau cuaca buruk maka baik pesawat maupun kapal tidak ada yang dibolehkan beroperasi, karena risikonya nyawa. Kalau ada kapal yang tenggelam pasti kita kehilangan manusia,” ujar Menhub, Selasa (21/12).
      Namun demikian, secara prinsip, seluruh jajaran Kementerian Perhubungan menyatakan telah siap melaksanakan penyelenggaraan angkutan Natal 2010 dan Tahun Baru 2011. Selain itu, dinas perhubungan di sejumlah daerah dan para operator juga menyatakan kesiapannya dalam melaksanakan dan mendukung penyelenggaraan angkutan Natal 2010 dan Tahun Baru 2011.
       Freddy menjelaskan, demi kelancaran penyelenggaraan angkutan Natal 2010 dan Tahun Baru 2011, pemerintah melakukan beberapa kebijakan, diantaranya adalah melakukan pemantauan kondisi lalu lintas di jalan dan penyeberangan.
       “Selain itu, kami juga berkoordinasi dengan instansi dan institusi terkait, sehubungan antisipasi kemacetan dan gangguan lalu lintas pada daerah atau tempat-tempat rawan kemacetan dan tempat-tempat pariwisata,” kata Menhub.
      Koordinasi yang intensif, juga dilakukan dengan penyelenggara bandara, perusahaan angkutan udara, dan TNI Angkatan Udara.
       Untuk angkutan laut, Menhub menjelaskan, pemerintah melakukan uji petik kelengkapan dokumen dan fisik keselamatan pelayaran kapal dan untuk perkeretaapian, pemerintah memaksimalkan stamformasi KA reguler dan menjalankan KLB tambahan tertentu sesuai kebutuhan dengan stamformasi maksimum daya tarik lok.
      Untuk diketahui, jumlah penumpang seluruh moda baik angkutan jalan, ASDP, udara, laut, dan kereta api pada 2010 diprediksikan naik sebesar 6,9 persen dibanding  2009, yakni dari 10.209.222 penumpang menjadi 10.909.856 penumpang.
      Prediksi kenaikan jumlah penumpang tersebut sudah diantisipasi oleh kesiapan sarana pada moda angkutan darat, laut, udara, dan kereta api. Sebanyak 34.395 bus dan 101 kapal ASDP telah disiapkan bagi para penumpang yang memilih moda angkutan jalan dan ASDP.
      “Moda angkutan laut telah menyiapkan sebanyak 150 kapal dan 275 pesawat sudah siap melayani para penumpang angkutan udara. Sedangkan sebanyak 167 lokomotif, 1194 kereta, dan 202 KA telah disiapkan untuk para pengguna KA,” kata Menhub. (T. De/toeb)

1 Comment

  1. penumpang harus di utamakan keselamatanya jadi sabar aja gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *