Mandala Airlines Berhenti Beroperasi

Jasa Cargo dari Jakarta ke Kalimantan Timur
January 9, 2011
Pengusaha Dukung Pembangunan Selat Sunda
January 21, 2011

Mandala Airlines Berhenti Beroperasi

Beberapa teman sms ke saya kasih info tentang tidak beroperasinya pesawat Mandala hari ini tanggal 13 Januari 2011,padahal ada barang tujuan Bengkulu yang harus segera dikirim.al hasil barang cargo ke bengkulu dialihkan ke penerbangan Batavia Airlines.Rumor yang beredar sebelumnya yg didapat dari beberapa teman yang masih bekerja di Mandala ,kondisi keuangannyanya memang dalam keadaan kurang baik. Daripada ngegossip mendingan baca beritanya aja nih.. 
JAKARTA — Satu lagi maskapai nasional yang berhenti beroperasi. Setelah tahun 2008 lalu AdamAir berhenti beroperasi karena perselisihan antar pemegang saham. Lantas tahun lalu Riau Airlines sempat berhenti beroperasi tiga bulan akibat kesulitan keuangan. Kini maskapai “warisan” Kostrad, Mandala Airlines, juga setop beroperasi karena terbelit utang. 
“Secara prinsip Mandala tak akan beroperasi lagi. Mandala sudah sampaikan ke menteri perhubungan. Detailnya saya belum tahu, mungkin berhubungan dengan finansial,” ujar Menteri Perhubungan, Freddy Numberi di kantor Menko Perekonomian, kemarin. Konsekuensinya, izin rute Mandala Airlines bisa dialihkan ke maskapai lain. 
Dirjen Perhubungan Udara, Herry Bhakti mengakui bahwa manajemen Mandala Airlines sudah melapor kepada pemerintah untuk melakukan restrukturisasi perusahaan, terutama mengenai masalah keuangan. “Mereka sudah lapor ke kita. Intinya ingin untuk sementara waktu melakukan restrukturisasi perusahaan. Mulai besok resmi berhenti beroperasi untuk konsentrasi selesaikan semuanya,” kata dia. 
Kabar tutupnya Mandala Airlines ini memang cukup mengejutkan mengingat sebelumnya telah mengumumkan berbagai rencana yang cukup mengesankan. Pada pertengahan 2010 lalu Mandala Airlines merambah rute penerbangan internasional dengan membuka rute Jakarta-Singapura dan Balikpapan-Singapura pulang pergi. Bahkan Mandala telah memesan 30 pesawat Airbus yang direncanakan datang mulai 2011. 
Sesuai dengan aturan yang berlaku, lanjut Herry, pemerintah bisa mengalihkan izin rute yang dimiliki Mandala Airlines kepada maskapai lain selama masa vakum ini. Namun begitu, pemerintah masih memberikan waktu 45 hari ke depan sebelum izin rute itu dialihkan. “Pemerintah bisa juga memperpanjang izin rutenya hingga 2-3 kali,” tandasnya. 
Namun begitu, sanksi yang lebih tegas bisa diberlakukan jika Mandala Airlines tidak juga memperlihatkan perbaikan. Sesuai aturan yang berlaku pemerintah memberi batas waktu hingga satu tahun dihitung sejak hari pertama menghentikan operasional perusahaannya. “Kalau setahun tidak terbang-terbang juga maka SIUP yang dicabut,” tuturnya. 
Dalam hal ini, lanjut Herry, manajemen Mandala Airlines belum memberikan kepastian kepada pemerintah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan restrukturisasi perusahaannya. Jika dalam tenggat waktu yang diberikan Mandala bisa menyelesaikan restrukturisasinya maka tidak perlu mengurus izin lagi. “Kita lihat saja bagaimana perkembangannya nanti,” tukasnya. 
Manajemen Mandala Airlines mengakui kesulitan keuangannya. Bahkan maskapai itu telah mengajukan permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat karena Mandala sedang mengalami masalah keuangan. “Pengajuan PKPU merupakan langkah terbaik yang dapat diambil untuk memastikan keberlangsungan operasi perusahaan di masa mendatang,” ujar Sekretaris Perusahaan Mandala Airlines, Nurmaria Sarona, kemarin. 
Presdir Mandala Airlines, Diono Nurjadin mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendekatan dengan beberapa investor guna menyelesaikan masalah utang. Sayang dia tidak bersedia men yebutkan berapa utang yang ditanggung perusahaan. “Nama-nama investornya sudah ada tapi belum bisa kita sampaikan. Kalau sudah pasti baru diumumkan,” tegasnya. (jpnn)

2 Comments

  1. obat herbal says:

    semoga saja cepat selesai permasalahannya agar semuanya clear lagi.
    salam kenal aja.

  2. obat alami says:

    semakin memprihatinkan saja Mandala Airlines,beri konfirmasa yang jelas dong biar beres jangan di gantung kasihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Informasi Pengiriman?

Kami siap memberikan informasi seputar pengiriman, klik untuk memulai chat!

Customer Service 1

Ajat

Online

Customer Support 2

Ambar

Online

Customer Service 3

Dirman

Online

Ajat

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Ambar

Hai, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Dirman

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00