Pengusaha Dukung Pembangunan Selat Sunda

Mandala Airlines Berhenti Beroperasi
January 13, 2011
Prosedur Keselamatan Kapal Feri Agar Diperbaiki
February 4, 2011

Pengusaha Dukung Pembangunan Selat Sunda

Cuaca buruk dan gelombang tinggi yang terjadi dua sepekan terakhir, membuat kapal roll on roll off (roro) sulit bersandar di Pelabuhan Merak. Akibatnya, antrean truk pengangkut barang di sepanjang jalan menuju pelabuhan semakin panjang bahkan mencapai jalan tol.
Rencana Pembangunan SElat Sunda mestinya segera di bangun jika melihat kondisi seperti ini, berikut berita terkait dari bisnis.com.
JAKARTA: Pebisnis transportasi angkutan darat mendukung pembangunan jembatan Selat Sunda yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatra dalam rangka memangkas biaya logistik nasional.
Ketua Umum Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan (Organda) Eka Sari Lorena Soerbakti mengatakan tersendatnya pelayanan penyeberangan di Merak makin meyakinkan pentingnya jembatan Selat Sunda dibangun.

“Harusnya segera dibangun jembatan Merak Bakehuni agar penyeberangan lancar tidak terganggu keadaan cuaca. Suramadu sangat membantu transporters jalan raya,” katanya sore ini.

Dia menjelaskan pembangunan jembatan Selat Sunda akan menekan biaya logistik nasional karena waktu tempuh dari Merak ke Bakauheni menjadi lebih singkat. “Juga tidak terganggu cuaca buruk,” tegasnya.

Ratusan kendaraan pengangkut kebutuhan bahan pokok dan penumpang tertahan di pelabuhan Merak, Banten menyusul cuaca buruk dan gelombang tinggi yang menyebabkan operasional kapal feri di lintas penyeberangan Jawa–Sumatra itu terhambat.

Sejak kemarin malam, kepadatan arus kendaraan dari Jawa menuju Sumatra terus meningkat, sementara operasional kapal tersendat akibat cuaca ekstrim, angin dan gelombang di Selat Sunda yang mencapai ketinggian 2 meter–3 meter.

Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Teja Supriatna mengatakan jumlah kendaraan yang mengantre di pelabuhan Merak terus meningkat, bahkan kini area parkir pelabuhan sudah penuh sehingga sebagian kendaraan terpaksa  antre di jalan.

Menurut dia, kepadatan terjadi bukan karena arus menyeberang meningkat, tetapi kegiatan penyeberangan terganggu akibat cuaca ekstrim. “Sejak tadi malam arus kendaraan sudah padat, sedangkan kondisi gelombang laut masih tinggi,” katanya.

Dia menjelaskan seluruh armada dalam kondisi laik laut dan cukup untuk menampung lonjakan arus meskipun sebagian kapal sedang melakukan perawatan, tetapi cuaca yang ekstrim dapat mengancam keselamatan pelayaran sehingga kapal yang beroperasi lebih berhati-hati.(msb)

sumber : bisnis.com

2 Comments

  1. setuju gan dengan gagasan-gagasan nya,biarsemuanya lancar.
    salam sehati..

  2. obat herbal says:

    pastinya kalaw para pengusaha pasti ngedukung karena untuk kelancaran usahanya,yang penting nyumbang dananya harus besar itu lebih setuju lagi he..he…he..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Informasi Pengiriman?

Kami siap memberikan informasi seputar pengiriman, klik untuk memulai chat!

Customer Service 1

Ajat

Online

Customer Support 2

Ambar

Online

Customer Service 3

Dirman

Online

Ajat

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Ambar

Hai, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Dirman

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00