Adakah Pesawat Cargo Khusus di Indonesia ?
October 26, 2011
Fasilitas Kargo Atlet Bentuk Sarana Kenyamanan Penerbangan
November 9, 2011

Kargo Finnair Ekspansif ke Indonesia

BISNIS kargo udara kian bersaing. Apalagi hal ini dipicu dengan didorongnya sektor ekspor barang barang dari dalam negeri ke wilayah Eropa dan Amerika. Finnair, maskapai penerbangan Finlandia menjajaki bisnis kargo dari kostumer Indonesia dengan menggandeng PT Victoria Aviation Services (VAS). Area Director South East Asia Finnair Cargo Christer Forsman mengatakan, pihaknya optimistis pasar Indonesia akan berkontribusi signifikan terhadap revenue kargo Finnair dari Asia. “Sejak Juli kami menjajaki pasar Indonesia. Volume ekspor ke wilayah Eropa progress-nya cukup bagus. Meskipun, Tiongkok masih menjadi kontributor terbesar kami,” tuturnya saat press conference Finnair di LJ Discovery akhir pekan lalu (22/10).
Dia memaparkan, saat ini Finnair memang masih menggandeng general sales agent yakni PT VAS. Namun tidak menutup kemungkinan jika kontribusi Indonesia jauh lebih besar dibanding sekarang pihaknya akan membuka kantor perwakilan di Indonesia. “Dengan rekanan, kami tak perlu investasi besar. Mungkin hanya sharing profit saja,” tuturnya. Dia memaparkan Finnair hanya membuka kantor cabang di wilayah destinasi penerbangan, dan Indonesia masih belum jadi salah satu rute Finnair.Karena banyaknya kompetitor dengan fasilitas yang sama serta rute penerbangan yang langsung dari Indonesia ke Eropa misalnya Singapura Airline, Cathay pasific, dan FAR Airline, maka pihaknya menawarkan value added service seperti jasa trucking dari Finnair. Selain itu, tarif kargo yang dibanderol USD 3-4 per kilo juga dianggap masih sesuai dengan patokan pasar.
Tercatat, produk yang paling banyak diekspor dengan Finnair? contohnya sepatu, furnitur, garmen, handicraft, consumer goods ke Eropa dan AS. Di Eropa, Finnair fokus wilayah Skotlandia dan Nordic. “Melihat data statistik, volumenya tiap tahun menunjukkan grafik yang positif. Kami optimistis pasar Finnair yang mengangkut 13-15 ton kargo dari Asia masih terbuka lebar,” terang Tecnical Advisor PT VAS Bambang Mega Arijanto. Ditambah lagi, saat ini sudah menjelang akhir tahun dan momen natal. Maka, produk dari Indonesia seperti jaket kulit, sepatu boot, paper bag, dan christmas card bakal banyak membanjiri jasa kargo Finnair. Dia melanjutkan, produk dari Jatim yang akan dikirim ke Eropa tersebut bakal dibawa ke Singapura terlebih dahulu menggunakan penerbangan seperti Jet Star dan China Airline. Baru kemudian dari Singapura dilanjutkan ke Helsinki, dan didistribusikan ke negara-negara di Eropa dengan jasa trucking, untuk wilayah yang tak terjangkau oleh bandar udara. “Mayoritas ekspor dari Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Denpasar, 80 persen ke Eropa, dan 20 persen ke Amerika,” tuturnya. Saat ini, PT VAS sendiri memiliki dua kantor di Jakarta dan Semarang. “Kami punya rencana untuk membuka cabang di Makassar dan Balikpapan,” terangnya.(gal)

Sumber : http://www.pontianakpost.com/index.php?mib=berita.detail&id=99254

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Informasi Pengiriman?

Kami siap memberikan informasi seputar pengiriman, klik untuk memulai chat!

Customer Service 1

Ajat

Online

Customer Support 2

Ambar

Online

Customer Service 3

Dirman

Online

Ajat

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Ambar

Hai, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Dirman

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00