Perusahaan Jasa Pengiriman Yang Tepat dan Handal
May 21, 2012
Bandara Samarinda Baru Andalan Samarinda Percepat Pembangunan
July 9, 2012

Layanan Jasa Pengiriman akan di Standarisasi

MICOM: Pelayanan jasa pengiriman di Indonesia akan distandardisasi paling lambat tiga tahun ke depan dalam upaya menjamin pelayanan pengiriman barang kepada pengguna jasa. 
“Sering ada keluhan pengguna jasa pelayanan pengiriman tidak maksimal, waktu terlambat datang, ataupun kiriman yang diterima sudah tidak utuh dan lainnya, nah agar pengguna jasa pengiriman merasa puas, maka perlu ada standardisasi layanan pengiriman,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat(DPP) Asosiasi perusahaan jasa pengiriman ekspres, pos dan logistik Indonesia (Asperindo) M Kadrial pada  musyawarah wilayah Asperindo Sulut ke-2 di Manado, Sabtu. 
Standardisasi merupakan upaya asosiasi dan pemerintah menghadirkan sistem logistik di Indonesia yang baik, karena itu perlu ada standar operasional prosedur(SOP) baku yang menjadi pedoman semua operator jasa pengiriman barang di Indonesia. 
“Saat ini kita sedang mengejar segera terbentuknya lembaga standardisasi profesi(LSP) yang selanjutnya akan melakukan penilaian atau menerbitkan sertifikasi perusahaan jasa pengiriman barang dan jasa di Indonesia,” kata Kadrial. 
Syaratnya sebelum standardisasi layanan jasa pengiriman ada, harus terlebih dulu dilakuksan standardisasi petugas perusahaan jasa pengiriman. 
“Petugas jasa pengiriman di Indonesia perlu disertifikasi terlebih dulu, yang melakukan yakni lembaga standardisasi profesi,” kata Kadrial. 
Saat ini yang sudah disusun standar profesi petugas pengantaran dan pengambilan barang, bahkan telah dilakukan pelatihan. 
“Yang sedang kita upayakan LSP Asperindo mendapat keabsahan dari pemerintah, dengan demikian mereka bisa melakukan sertifikasi standardisasi profesi petugas jasa pengiriman,” kata Kadrial. 
Kadrial mengatakan, dengan adanya standardisasi layanan dan sertifikasi profesi, maka masyarakat dapat merasakan manfaatnya dengan layanan pengiriman yang lebih baik baik antar perusahaan sejenis maupun interkoneksi dengan perusahaan lainnya. 
Dalam Undang Undang Nomor 38 Tahun 2009 tentang pos, ada satu pasal yang mewajibkan semua operator jasa pengiriman, harus melakukan interkoneksi, kerja sama dengan perusahaan lain, dan ini sering menimbulkan masalah karena masing-masing perusahaan punya standar operational prosedur(SOP) berbeda dan ini bisa teratasi bila sudah ada standardisasi layanan pengiriman dan sertifikasi profesi.(Ant/X-14)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Informasi Pengiriman?

Kami siap memberikan informasi seputar pengiriman, klik untuk memulai chat!

Customer Service 1

Ajat

Online

Customer Support 2

Ambar

Online

Customer Service 3

Dirman

Online

Ajat

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Ambar

Hai, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Dirman

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00